Thursday, February 7, 2013

Politeknik Negeri Media Kreatif


Logo Politeknik Negeri Media Kreatif
 
Politeknik Negeri Media Kreatif
Didirikan
2008
Jenis
Perguruan Tinggi Negeri
Direktur
Bambang Wasito Adi
Lokasi
Jalan Srenseng Sawah, Jagakarsa,Jakarta, Indonesia
Julukan
Polimedia
Situs web

Politeknik Negeri Media Kreatif (disingkat: PoliMedia) adalah salah satu politeknik yang berstatus negeri yang didirikan pada 8 Oktober 2008. Saat ini Politeknik Negeri Media Kreatif dipimpin oleh Direktur Bambang Wasito Adi. Menurut berita yang terdapat pada laman Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Polimedia ini dirancang khusus untuk menyediakan tenaga terampil guna memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia di sektor Industri Kreatif. Departemen Pendidikan berharap dengan pendirian Politeknik Negeri Media Kreatif menghasilkan standar kompetensi lulusan yang diselaraskan dengan kebutuhan dunia usaha kreatif dengan cara menerapkan proses pendidikan berbasis kompetensi produksi dan kewirausahaan.

Sejarah
Politeknik Negeri Media Kreatif berdiri pada tanggal 8 Oktober 2008 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2008 yang disahkan oleh Menteri Pendidikan saat itu, yaitu Bambang Sudibyo. Polimedia berdiri melalui kebijakan pemerintah dalam merevitalisasi Pusat Grafika Indonesia (Pusgrafin) yang terlebih dulu memiliki reputasi panjang dalam pembinaan dan pengembangan SDM kegrafikaan, penerbitan dan desain grafis, sejak tahun 1969. Revitalisasi ini adalah bukti sikap pemerintah dalam menindaklanjuti amanat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI) di Jakarta Convention Center pada tanggal 4 Juni 2008. 

Program Studi
Pada awalnya PoliMedia membuka 3 (tiga) jurusan/program studi, yaitu: Teknik Grafika, Desain Grafis, dan Penerbitan. PoliMedia adalah perguruan tinggi vokasi yang secara khusus ditangani untuk menyiapkan tenaga terampil tingkat madya (dengan gelar Diploma 3) di bidang industri kreatif, yang lulusannya difokuskan terampil dan memahami proses produksi, serta dibekali pengetahuan konsep dan wawasan bisnis untuk berwirausaha.

Program Studi yang ada di PoliMedia untuk saat ini antara lain:
Teknik Grafika
Desain Grafis
Penerbitan
Teknik Kemasan
Periklanan
Fotografi
Multimedia
Desain Mode
Animasi
Broadcasting

Akreditasi
Program Studi
No SK
Tahun SK
Peringkat
Teknik Grafika
34
2012
B
Desain Grafis
35
2012
B

No comments:

Post a Comment

 
back to top //PART 2