Saturday, April 14, 2012

Mengenal Tentang Vegetarian


Perkembangan jaman yang semakin canggih ternyata tidak hanya memberi dampak positif bagi kelangsungan hidup manusia, tetapi juga menyisakan banyak dampak negatif. Gaya hidup modern yang tidak sehat, diikuti dengan tidak teraturnya pola makan, mengakibatkan tingkat kesehatan manusia semakin merosot. Menjamurnya masakan siap saji hingga masalah bahan pengawet pada makanan, kerap menjadi pemicu masalah kesehatan.
Upaya yang dapat dilakukan manusia untuk bisa hidup sehat tanpa meninggalkan dunia modern yang dijalaninya adalah dengan berusaha menyelaraskan diri dengan alam. Menjadi seorang vegetarian, adalah salah satu cara yang dapat ditempuh.
Vegetarian secara umum ialah orang yang tidak mengonsumsi daging, baik daging sapi, ayam, kambing hingga ikan, dan hanya memakan sayur-sayuran, buah-buahan maupun bahan nabati lainnya.

Istilah Vegetarian dicetuskan pada tahun 1847. Pertama kali digunakan secara formal pada tanggal 30 September tahun itu oleh Joseph Brotherton dan kawan-kawan, di Northwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu adalah pertemuan pengukuhan Vegetarian Society Inggris. Meskipun demikian, sebenarnya istilah vegetarian sudah dikenal sejak jaman dahulu kala. Sebelum tahun 1847 mereka yang tidak makan daging secara umum dikenal sebagai Pythagorean atau mengikuti sistem pythagorean’, sesuai dengan Pythagoras, seorang vegetarian dari jaman Yunani kuno. Begitu pula dengan agama Hindu dan Buddha yang melarang umatnya untuk membunuh binatang.
Kata Vegetarian berasal dari bahasa latin, vegetus, yang berarti keseluruhan, sehat, aktif, bergairah dan hidup. Definisi asli dari vegetarian adalah dengan atau tanpa telur beserta produk olahan susu dan definisi tersebut masih digunakan oleh Vegetarian Society hingga saat ini.
Menjadi seorang vegetarian di zaman sekarang sama sekali tidak susah, karena restoran-restoran yang menyajikan masakan vegetarian sudah banyak bermunculan. Bila makanan dari restoran tidak terjangkau oleh dompet, anda bisa memasaknya sendiri. Ada banyak resep masakan vegetarian yang tidak kalah enaknya dengan masakan yang diolah menggunakan daging. Mitos yang mengatakan bahwa makanan untuk para vegetarian sangat membosankan adalah sama sekali tidak benar. Banyaknya jenis bahan pangan yang dapat dikombinasikan, akan membuat anda semakin kreatif bereksperimen dalam menciptakan jenis resep baru yang nikmat untuk disantap tidak hanya oleh anda, namun juga untuk seluruh keluarga.

No comments:

Post a Comment

 
back to top //PART 2